Kamis, 02 Desember 2010

Pendekatan melalui teori PASK

Belajar dan Ujian dengan pendekatan metde online tentu juga merupakan suatu cara untuk mencapai tujan belajar. Jika ditilik dari salah satu teori belajar, maka proses ujian online ini juga dapat dikaitkan dengan apa yang dikatakan oleh teori tersebut. Dalam hal ini, saya akan mengaitkannya dari sudut pandang teori Pask.

Teori Pask yang paling terkenal adalah Conversation Theory. Teori ini
berdasarkan pada kerangka sibernetik dan mencoba untuk menjelaskan proses belajar yang terjadi antara makhluk hidup dan mesin. Teori ini mempunyai implikasi yang luas terhadap psikologi dan teknologi pendidikan.

Pada kelas Psikologi Belajar, terjadi suatu Conversation. Conversation adalah pusat dari interaksi manusia. Secara umum, conversation adalah pembicaraan informal dimana terjadi pertukaran informasi dan ide antara dua orang atau lebih. Conversation memungkinkan kita berbagi informasi, mengekspresikan pendapat, membentuk dan mendukung hubungan sosial, dan mempersuasi orang lain. Conversation sendiri tidak mutlak harus terjadi antara sesama manusia - secara langsung, namun bisa juga via mesin, yang mana dalam hal ini dapat berupa telepon, radio, telvisi, dan tak lupa "media online".

Sebelum dan sesudah try-out ujian online dilaksanakan, telah banyak terjadi conversation antar kami sesama mahasiswa psikologi belajar, dan juga dengan dosen pengampu sendiri. Menurut fungsinya, conversation bekerja dalam dua cara:
1. Kita dipengaruhi oleh apa yang dikatakan oleh orang lain dan orang lain mempengaruhi proses berpikir kita.
2. Conversation
memberikan seperangkat sumber untuk mempersepsikan dan mempengaruhi apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang lain.

Sesuai dengan teori Pask, ada yang disebut conversational
meliputi pertukaran ide dan proses mental antara pembicara dan pendengar, yang selanjutnya akan disebut conversational agents. Yang menjadi conversational agents disini adalah dosen dan mahasiswa psikologi belajar. Selanjutnya akan terbentuk sebuah conversational process, yaitu proses yang berkesinambungan yang memuat informasi sosial, kognitif dan emotif yang merepresentasikan apa yang dilakukan dan dirasakan oleh agent pada situasi tertentu. Proses bisa muncul dalam individual, antara individual, antara individu dan artificial entities dan antar artificial entities. Proses ini terjadi di dalam kelas Psi.Belajar, karena terjadi pertukaran ide dan informasi antara dosen dan mahasiswa dan juga sesama mahasiswa. Instructional tutorials juga terjadi disini, dimana dosen dan mahasiswa berusaha mencapai pemahaman yang sama mengenai suatu subjek, yaitu - ujian online.

Selain itu, Pask membagi conversation ke dalam 4 kategori, dan masing-masing conversational agent (yaitu dosen dan mahasiswa psikologii belajar) telah menerapkannya di kelas psikologi belajar, terkhusus menyambut try-out ujian online ini. :

Kategori conversation yang terjadi adalah :

a. Monolog: Proses ini merupakan self-conversation, dimana pertukaran informasi bukan dengan orang lain, namun dilakukan oleh satu orang untuk membuat pernyataan. Proses ini dilakukan oleh setiap individu di dalam kelas. Pada awalnya dosen mungkin bertanya-tanya dalam hati, apakah metode ini sudah sesuai atau belum, atau apakah metode ini sudah cukup credible untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sudah sampai mana. Begitu pula dengan siswa. Siswa pasti memiliki pendapat ataupun pertanyaan yang tersimpan dalam hati mengenai ujian online ini

b. Dialogue: Dialog terjadi ketika percakapan dilakukan secara dua arah. Hal ini terjadi ketika dosen menyampaikan informasi perihal ujian online kepada mahasiswa ataupun sebaliknya ketika mahasiswa menanyakan langsung kepada dosen. Dialog juga terjadi ketika mahasiswa ataupun dosen membuat percakapan melalui g-talk. Dengan melakukan chatting juga telah terjadi pertukaran informasi dan ide.

c. Dialectic : Hal in juga terjadi, yaitu percakapan yang dimaksudkan untuk mendapatkan kebenaran dari argument logis. Berfokus pada pemikiran analitikal dan informasi faktual. Mungkin ketika try-out belum dimulai, kami para mahasiswa mulai berargumen mengenai ujian ini.Kami kemudian mencari tahu sebenarnya bagaimana sistem kerjnya, dan pada akhirnya didapatlah kebenaran faktual tentang ujian ini, yaitu menjawab soal yang telah diposting di blog Psi.Belajar, dan kemudian melakukan posting di blog masing-masing.
Construction: Jenis conversation ini adalah untuk membangun sesuatu yang baru. Ketika sedang ujian, mahasiswa tetap melakukan percakapan melalui gtalk, namun bukan hanya sekedar untuk ngomong-ngomong saja, tapi lebih kepada berdiskusi dan membangun suatu pemahaman yang sama, tekait dengan ujian ini. Dalam hal ini, saya melakukannya dengan dita, via g-talk.

Teori Pask juga banyak berbicara mnegenai proses pembelajaran yang dapat direpresentasikan ke dalam bentuk siklus, yaitu:

(1) explanation --> (2) justification --> (3) comparison --> (4) evaluation --> (5) agreement:


Explanation:

Jauh hari sebelum ujian online ini dilaksanakan, dosen memberikan penjelasan mengenai bagaimana kira-kira bentuk penyajian ujian akhir semester dilaksanakan, yaitu secara online.Dosen telah menjabarkan apa-apa saja yang dianggap penting dan juga mengingatkan untuk menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk hari H nya.

Justification:

Siswa mencoba menyamakan dan menyeimbangkan informasi yang diterimanya dari dosen dengan apa yang ada dipikirannya. Dengan modal informasi itulah, persiapan untuk ujian ini dapat dilakukan.

Comparison:

Siswa melakukan perbandingan dengan teman-teman mengenai persiapan ujian ini, dan tak berhenti disitu saja, siswa juga membandingkan hasil kerjanya dengan teman-teman, melalui blog, karena apa yang tertulis di blog terbuka untuk umum dan dapat dibaca oleh siapa saja.

Evaluation:

Setelah ujian dikumpul, dosen akan melakukan evaluasi dan kemungkinan besar akan share di perkuliahan berikutnya mengenai hasil yang didapatkan

Agreement:

Pada akhirnya mahasiswa dapat membentuk suatu pemahaman yang disetujui oleh semua orang.


Sumber:

Gordon Pask http://en.wikipedia.org/wiki/Gordon_Pask (tanggal akses 19 Oktober 2010)

Conversation Theory http://en.wikipedia.org/wiki/Conversation_Theory (tanggal akses 27 Oktober 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar