Selasa, 09 Maret 2010

Evaluasi POD (Resume 6)

Pendahuluan

Hal yang baru tentang evaluasi adalah upaya untuk melakukannya secara sistematis dan ilmiah. Tanpa disadari, evaluasi sering kita lakukan, contohnya ketika mengevaluasi pendidikan anak-anaknya, mengevaluasi keandalan mobil mereka, dsb. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah evaluasi dilakukan dengan baik atau tidak.

Pengertian dan Jenis Evaluasi

Beberapa jenis evaluasì yang berbeda dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat formalitas dan ketepatannya. Pembagian ini meliputi 3 tingkat:

1. evaluasi informal

2. evaluasi semi formal

3. evaluasi formal atau penelitian ilmiah

Manfaat Evaluasi

Menurut Flores, Bueno, dan Lapostora,

1. menentukan patokan awal yang dapat dipakai sebagai dasar perbandingan tindakan baru

2. menentukan pengarahan kembali

3. menumbuhkan rasa aman kepada teknisi

4. meningkatkan kepercayaan diri di antara penerima evaluasi

Manfaat evaluasi secara umum:

1. menetukan patokan awal

2. mengetahui keberhasilan suatu kegiatan

3. mencek secara periodik efektifitas suatu program

4. memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas

5. memberi bukti konkret kepada pihak yang terkait

6. meningkatkan sikap profesionalkepada penerima evaluasi

Tujuan Evaluasi

1. untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan

2. untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu

3. untuk menentukan efektifitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran

4. untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur dan masyarakat

Prinsip Evaluasi

1. mempunyai tujuan yang pasti

2. menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti

3. bukti tentang perubahan dalam diri individu

4. menggunakan instrumen yang tepat dalam evaluasi

5. kerja sama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya

6. tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran

7. evaluasi harus berkesinambungan

Prosedur Evaluasi

1. penentuan tujuan atau kebutuhan evaluasi

2. penentuan kriteria atau standar evaluasi

3. penyusunan instrumen atau kuesiones evaluasì

4. melakukan pengumpulan data atau informasì

5. melakukan analisis data atau informasi

6. memberi kesimpulan

Prosedur evaluasi menurut Morgan:

Langkah 1: mengecek tujuan

Langkah 2: memeriksa apa yang dìlakukan untuk mencapaì tujuan

Langkah 3: mengumpulkan bukti

Langkah 4: menentukan sumber bukti

Langkah 5: menentukan alat untuk memperoleh bukti

Langkah 6: menganalisìs bukti

Langkah 7: menggunakan hasil

Ilustrasi Evaluasi

Ada dua contoh evaluasi yang dapat dilihat di buku Suprijanto, seperti (1) Lembar Saran Akhir Pertemuan yang dibagikan pada akhir pertemuan untuk mengevaluasi jalannya pertemuan dan (2) Kartu Penlaian yang digunakan oleh pimpinan dan peserta diskusi untuk mengevaluasi efektivitas diskusi.

Sumber:

Pendidikan Orang Dewasa dari teori hingga aplikasi

Dr. Ir. H. Suprijanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar