Selasa, 09 Februari 2010

Pendekatan POD, keyakinan proses belajar dan pebelajar, proses belajar-mengajar orang dewasa - Resume II

BEBERAPA PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Orang-orang yang mengikuti pendidikan non formal cenderung memiliki sifat (a) motivasi rendah menghadiri pengajaran di kelas, (b) rendah diri atau tidak percaya diri, (c) cepat patah semangat, (d) sikap hormat yang berlebihan pada guru, (e) rasa tidak percaya diri akan nilai praktis atau kegunaan pendidikan dalam hidupnya.
Ada 3 jenis pendekatan, yaitu:
1. Pendekatan pemusatan masalah
2. Pendekatan proyektif
3. Pendekatan appersepsi – interaksi
4. Pendekatan perwujudan diri sendiri (Self Actualization Approach)
a. Proses yang terpusat paada pembelajar
b. Belajar sesame teman dalam kelompok (peer learning)
c. Membantu timbulnya konsep diri yang positif
d. Daya khayal yang berdaya cipta

2. Model Kurikulum dan Penerapan Teori Belajar
a. Model Kurikulum
i. Model infrmasi
ii. Model pemecahan masa
iii. Model proyektiflah
iv. Model ekspresi / perwujudan diri
b. Penerapan teori belajar padasituasi belajar
i. Pendekatan yang terpusat pada masalah
ii. Pendekatan perwujudan diri
c. Beberapa peranggapan


KEYAKINAN-KEYAKINAN TENTANG PROSES BELAJAR DAN PEBELAJAR
1. Keyakinan Proses Belajar Orang Dewasa
a. Tujuan-tujuan Instruksional
- tujuan-tujuan itu dapat berperan sebagai pemandu untuk mengorganisasikan tindakan dan mengarahkan disain pengalaman-pengalaman belajar
- tujuan-tujuan itu dapat berperan sebagai dasar penentu hasil-hasil kegiatan beljar, membandingkan apa yang terjadi dengan yang direncanakan.
b. Proses Belajar
- mereka yang percaya bahwa belajar adalah latihan pikiran dan pengumpulan kebenaran dasar (disiplin mental).
- mereka yang percaya bahwa belajar adalah pengembangan pengertian (Gestal-Field)

2. Keyakinan-keyakinan tentang Pebelajar orang dewasa
Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
Unsur hukum belajar,
1. Keinginan belajar
2. Pengertian terhadap tugas
3. Hukum asosiasi
4. Minat, keuletan, dan intensitas
5. Ketetapan hati
6. Pengetahuan tentang keberhasilan dan kegagalan

Penetapan tujuan
1. Tujuan umum
2. Maksud pendidikan
3. Tujuan khusus
4. Memilih materi pelajaran

PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
Tahap Proses Belajar
1. Motivasi
2. Perhatian pada pelajaran
3. Menerima dan mengingat
4. Reproduksi
5. Generalisasi
6. Menerapkan apa yang telah diajarkan serta umpan balik

Ciri-ciri belajar orang dewasa
1. Motivasi belajar berasal dari dirinya sendiri
2. Orang dewasa belajar jika bermanfaat bagi dirinya
3. Belajar adalah hasil kerja sama antara manusia
4. Belajar bagi orang dewasa bersifat unik.
5. Belajar adalah proses evolusi
Suasana belajar yang kondusif
1. Saat suasana saling menghormati dan saling menghargai
2. Suasana saling percaya dan terbuka
3. Suasana penemuan diri
4. Suasana tidak mengancam
5. Suasana mengakui kekhasan pribadi
Fungsi pendidik
1. Penyebar pengetahuan
2. Pelatih ketrampilan
3. Pelancar proses belajar
4. Penjelas tujuan belajar
5. Tutor simulasi
Sikap pendidik
1. Tenggang rasa (empati)
2. Mengakui kehadiran dan menghargai peserta didik
3. Membangkitkan keinginan belajar
4. Mampu mengorganisasikan kelompok belajar
5. Menerima keterbatasan diri
Faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan fungsi pendidik
1. Karakteristik program pendidikan
2. Karakteristik peserta didik

Referensi :
Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi (Dr. Ir. H. Suprijanto)
Pendidikan Orang Dewasa (Dr. Yusnadi, M.S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar